RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KD
1.1
1.
Identitas
Sekolah
Nama Sekolah : SMA Negeri 9 Semarang
Mata Pelajaran : Biologi
Materi Pokok : Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Kelas / semester : XII / gasal
Pertemuan ke : 1 dan 2
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
2.
Standar
Kompetensi
1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada
tumbuhan.
3.
Kompetensi
Dasar
1.1 Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap
pertumbuhan tumbuhan
4.
Indikator
1.
Menjelaskan
ciri-ciri tumbuh dan berkembang.
2. Mensyukuri
nikmat Tuhan YME berkaitan dengan ciri-ciri tumbuh dan berkembang.
3.
Membedakan
ciri-ciri tumbuh dan berkembang.
4.
Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan.
5.
Menjelaskan
dampak kekurangan/kelebihan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan.
6.
Menjelaskan
variabel-variabel faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan.
7. Menghargai
setiap pendapat dalam diskusi
8. Berkreasi
dalam merancang atau mencari solusi dalam memecahkan masalah.
5.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri tumbuh dan berkembang.
2.
Siswa
dapat mensyukuri nikmat Tuhan YME berkaitan dengan ciri-ciri
tumbuh dan berkembang.
3.
Siswa dapat membedakan ciri-ciri tumbuh dan berkembang.
4.
Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan.
5.
Siswa dapat menjelaskan dampak kekurangan/kelebihan faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan.
6.
Siswa dapat menjelaskan variabel-variabel faktor luar yang
mempengaruhi pertumbuhan.
7.
Siswa
dapat menghargai setiap pendapat dalam diskusi
8.
Siswa
dapat berkreasi dalam merancang atau mencari solusi dalam
memecahkan masalah.
6.
Materi
Pembalajaran
Merencanakan percobaan pertumbuhan.
o
Pertumbuhan
dan perkembangan
Meliputi perubahan kuantitatif dan kualitatif yang
irreversibel yang dimulai dengan pembelahan sel, pemanjangan dan diferensiasi.
o
Faktor-faktor
yang mempengaruhi pertumbuhan
meliputi faktor dalam,seperti gen, hormon dan faktor luar, seperti nutrisi,
cahaya, suhu, gravitasi dll.
7.
Metode
Pembelajaran
Metode
pembelajaran : Ceramah dan diskusi
Model
pembelajaran : PBL
8.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
|
Rincian
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Karakter
|
Pendahuluan
|
1. Guru
masuk dan mengucapkan salam
2.
Berdoa
kepada Tuhan YME untuk menanamkan rasa syukur atas nikmat yang telah
diberikan-Nya.
3. Mengecek
kehadiran siswa dan siswa menanggapi
dengan santun.
4. Orientasi
: siswa mendengarkan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan,
5. Apersepsi
: “anak-anak, apakah kalian tahu bagaimana cara mengidentifikasi adanya
gejala pertumbuhan? apa sajakah cirri-ciri tumbuh itu?”
6. Motivasi
: “setiap makhluk hidup menalami pertumbuhan untuk melangsungkan hidupnya”
|
10
menit
|
1. Religius
2. Kepedulian sesama teman
3. Kedisiplinan
4.
Rasa
ingin tahu
|
Inti
|
Eksplorasi
1. Siswa
mencari informasi gejala pertumbuhan terutama pada tumbuhan dari
sumber/literature lain untuk menumbuhkan
gemar membaca dan rasa keingin tahuan mereka.
2. Siswa
membentuk 8 kelompok yang beranggotakan 4-5 orang secara tertib dan santun.
3. Guru
memberikan lembar diskusi kelompok pada tiap kelompok,
1.
Elaborasi
1.
Siswa bersama kelompoknya
mendiskusikan permasalahan yang diberikan oleh guru dengan saling bekerja sama.
2. Tiap
kelompok membahas tentang “faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan dampak kekurangan/kelebihan faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan”
3.
Perwakilan dari masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas dengan percaya diri.
4. Kelompok
lain memperhatikan dan mencocokkan hasil presentasi kelompok yang sedang
mempresentasikan diskusinya.
5.
Berlaku
santun dan tertib dalam memperhatikan presentasi kelompok lain.
Konfirmasi
1. guru
memberi penguatan terhadap hasil presentasi siswa
2. guru
memberi penguatan/ penjelasan materi
tentang “pertumbuhan dan perkembangan serta factor yang mempengaruhinya”
|
10
menit
40
menit
15
menit
|
Gemar
membaca,
Rasa
ingin Tahu
Disiplin
1. Saling mengharga,
2. Kekompakkan,
3.
4. Teliti
5.
6. Kritis
7.
Percaya
diri
Saling
menghargai
Disiplin.
|
Penutup
|
1.
guru mengarahkan dan membimbing
siswa untuk merumuskan kesimpulan dan untuk
menumbuhkan rasa berani dalam mengeluarkan pendapatnya
2. melakukan
evaluasi individu untuk mengetahui tingkat pencapaian hasil belajar (essay).
3. penugasan
: melakukan eksperimen dengan kegiatan pertumbuhan dan perkembangan dirumah,
menggunakan biji kacang hijau dan jagung,
4.
berdoa
sebelum mengakhiri kegiatan pembelajaran untuk mengucapkan rasa syukur kepada
Tuhan YME terkait dengan kelancaran proses pembelajaran kali ini.
|
15
menit
|
1. Berani berpendapat,
2.
3. Jujur
4.
5.
bertanggung
jawab
Religious.
|
9.
Sumber/Alat/Bahan
Sumber : Buku Paket Biologi Untuk SMA Kelas XII, D.A. Pratiwi, Penerbit
Erlangga, LKS
Media : PPT,
Bahan : Kecambah biji berumur 3-5 hari,
10.
Evaluasi
Penilaian Kognitif : Laporan eksperimen kecambah biji,
tes tertulis (essay)
Penilaian Afektif :
lembar penilaian karakter siswa
Contoh Instrumen Penilaian:
A. Soal
Essay
1. Jelaskan perbedaan pengertian dari pertumbuhan dan
perkembangan!
2. Jelaskan
secara singkat proses perkecambahan biji!
3. Apa
yang dimakssud dengan perkecambahan epigeal?
4. Apa
yang dimaksud dengan perkecambahan hypogeal?
5. Sebutkan
factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan!
Pedoman
Penilaian:
Skor tiap nomor = 20 poin
Jumlah = 100
B. Lembar
Penilaian Karakter Siswa
No
|
Nama
|
Nilai
Karakter
|
||||||||
Berani
|
Percaya
diri
|
Jujur
|
Tanggung
jawab
|
Gemar
membaca
|
Religius
|
Demokratis
|
Kebersamaan
|
Disiplin
|
||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
Kriteria
penskoran:
1
: tidak muncul
2
: mulai muncul
3
: mulai tampak
4
: mulai berkembang
Pertemuan ke-2
Kegiatan
|
Rincian
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Karakter
|
Pendahuluan
|
1. Guru
masuk dan mengucapkan salam.
2.
Berdoa
untuk mengawali kegiatan pembelajaran kepada Tuhan YME
3. Orientasi
: siswa mendengarkan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan,
4.
Apersepsi : “guru menanyakan
hasil eksperimen yang dilakukan oleh tiap siswa” dan siswa menjawab dengan jujur sesuai hasil praktikumnya.
5. Motivasi
: “apakah eksperimen kalian berjalan sukses? Adakah yang tidak berhasil? Nah,
kalau ada factor apa yang dapat menyebabkannya? Hari ini kita akan
membahasnya.”
|
10
menit
|
5. Religius
6. Kepedulian sesama teman
7. Jujur
8.
Rasa
ingin tahu
|
Inti
|
Eksplorasi
1. Siswa
mencari informasi untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi gejala
pertumbuhan untuk menanamkan cinta
membaca.
2. Siswa
membentuk 8 kelompok yang beranggotakan 4-5 orang secara disiplin dan santun.
3. Guru
memberikan lembar diskusi kelompok pada tiap kelompok untuk mengamati
kecambah biji yang telah dibawa,
Elaborasi
1. Siswa
bersama kelompoknya mendiskusikan permasalahan yang diberikan oleh guru.
2.
Tiap
anggota seling menghargai perbedaan pendapat antara anggotanya dalam
menyelesaikan permasalahan.
3. Tiap
kelompok membahas tentang “Variabel-variabel yang mempengaruhi pertumbuhan
kecambah”
4. Perwakilan
dari masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.
5. Mempresentasikan dengan rasa
percaya diri.
6. Kelompok
lain memperhatikan dan mencocokkan hasil presentasi kelompok yang sedang
mempresentasikan diskusinya.
Konfirmasi
1. guru
memberi penguatan terhadap hasil presentasi siswa
2. guru
memberi penguatan/ penjelasan materi yang
telah didiskusikan,
|
5
menit
45
menit
15
menit
|
Gemar
membaca,
Disiplin
8. Saling mengharga
9. Kekompakkan,
10. Teliti
11.
12. Kritis
Percaya
diri.
13.
|
Penutup
|
1.
guru mengarahkan dan membimbing
siswa untuk merumuskan kesimpulan agar
menumbuhkan rasa berani dan percaya diri dalam mengajukan pendapatnya.
2. melakukan
evaluasi individu untuk mengetahui tingkat pencapaian hasil belajar (essay).
3. penugasan
: Membuat peta konsep “pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan” secara mandiri.
4.
Berdoa
untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
15
menit
|
6. Berani berpendapat,
7. Jujur
8.
bertanggung
jawab
religious
|
9.
Sumber/Alat/Bahan
Sumber : Buku Paket Biologi Untuk SMA Kelas XII, D.A. Pratiwi, Penerbit
Erlangga, LKS
Media : PPT,
Bahan : Kecambah biji berumur 3-5 hari,
10.
Evaluasi
Penilaian Kognitif : Laporan
diskusi kelompok tentang variable yang mempengaruhi pertumbuhan kecambah,
Penugasan Individu ; (membuat peta
konsep)
Penilaian Afektif : lembar penilaian karakter siswa
Contoh
Instrumen
Lembar
Penilaian Karakter Siswa
No
|
Nama
|
Nilai
Karakter
|
||||||||
Berani
|
Percaya
diri
|
Jujur
|
Tanggung
jawab
|
Gemar
membaca
|
Religious
|
Demokratis
|
Kebersamaan
|
Disiplin
|
||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
Kriteria penskoran:
1 : tidak muncul
2 : mulai muncul
3 : mulai tampak
4 : mulai berkembang
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KD
1.1
1.
Identitas
Sekolah
Nama Sekolah : SMA Negeri 9 Semarang
Mata Pelajaran : Biologi
Materi Pokok : Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Kelas / semester : XII / gasal
Pertemuan ke : 3 dan 4
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
2.
Standar Kompetensi
1.
Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.
3.
Kompetensi Dasar
1.1 Merencanakan percobaan pengaruh factor luar
terhadap pertumbuhan tumbuhan.
4.
Indikator
1.
Menentukan
variabel yang berpengaruh dan variabel bebas terhadap percobaan yang dirancang.
2. Menjelaskan cara kerja/ fungsi alat yang digunakan untuk
melakukan percobaan yang akan dibuat.
3. Menuliskan rancangan percobaan yang direncanakan.
4.
Memperlakukan tumbuhan percobaan dengan baik dan
hati-hati
5.
Berani berkreasi dalam merancang percobaan dari pemikiran
kelompok
5.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat menentukan variabel yang berpengaruh dan variabel bebas
terhadap percobaan yang dirancang.
2. Siswa
dapat menjelaskan cara
kerja/ fungsi alat yang digunakan untuk melakukan percobaan yang akan dibuat.
3. Siswa
dapat menuliskan rancangan
percobaan yang direncanakan.
4.
Memperlakukan tumbuhan percobaan dengan baik dan
hati-hati
5.
Berani berkreasi dalam merancang percobaan dari pemikiran
kelompok
6.
Materi
Pembalajaran
o
Merancang percobaan
Membuat usulan rancangan percobaan pengaruh faktor
luar terhadap pertumbuhan dengan 1-2 variabel. Usulan berisikan rumusan
masalah, menentukan hipotesis, menentukan variabel,, melakukan studi literatur,
menentukan parameter, menentukan alat dan bahan yang digunakan, membuat
rancangan percobaan
7.
Metode
Pembelajaran
Metode
pembelajaran : Ceramah dan Diskusi
Model
pembelajaran : PBL
8.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke 3
Kegiatan
|
Rincian
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Karakter
|
Pendahuluan
|
1. Guru
masuk dan mengucapkan salam.
2.
Berdoa
untuk mengawali kegiatan pembelajaran kepada Tuhan YME
3. Orientasi
: siswa mendengarkan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan,
4.
Apersepsi : “guru menanyakan pendapat
siswa tentang fungsi hormon tumbuhan bagi pertumbuhan itu sendiri?”
5. Motivasi
: “apakah jika kita member suatu hormon pemacu pertumbuhan, maka tumbuhan
tersebut akan tumbuh cepat dan subur?” untuk mengetahuinya mari kita
melakukan diskusi.
|
10
menit
|
9.
10.
11. Religius
12. Kepedulian
13. Jujur
14. Berani
15.
Rasa
ingin tahu
|
Inti
|
Eksplorasi
1.
Siswa mengelompok sesuai dengan
kelompok yang sudah terbentuk sebelunnya secara
teratur dan tertib.
2.
Siswa mencari informasi untuk membahas suatu persoalan tentang “pengaruh
penggunaan hormone IAA terhadap pertumbuhan akar stek tumbuhan hias” dengan membaca buku/literature lainnya.
3.
Guru memberikan lembar diskusi
kelompok pada tiap kelompok.
Elaborasi
1. Siswa
bersama kelompoknya mendiskusikan permasalahan yang diberikan oleh guru.
2.
Tiap
anggota seling menghargai perpedaan pendapat antara anggotanya dalam
menyelesaikan permasalahan.
3. Tiap
kelompok membahas tentang rancangan penelitian secara cermat, teliti dan kreatif untuk mendapatkan hasil yang baik.
4. Membuat
hipotesa awal tentang pengaruh IAA terhadap kecepatan pertumbuhan akar stek
batang.
5.
Perwakilan dari masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil rancangan penelitiannya secara jelas dan percaya diri.
6. Kelompok
lain memperhatikan dan mencocokkan dengan
hasil rancangan masing-masing.
Konfirmasi
1. guru
memberi penguatan terhadap hasil presentasi siswa
2. guru
memberi penguatan/ penjelasan materi yang
telah didiskusikan
|
5
menit
45
menit
15
menit
|
Disiplin
Gemar
membaca,
14. Saling mengharga
15. Kekompakkan,
16. Teliti
17. Kritis
Percaya
diri.
18.
Menghargai
|
Penutup
|
1.
guru mengarahkan dan membimbing
siswa untuk merumuskan kesimpulan agar
menumbuhkan rasa berani dan percaya diri dalam mengajukan pendapatnya.
2. melakukan
evaluasi individu untuk mengetahui tingkat pencapaian hasil belajar (essay).
3.
Berdoa
untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
15
menit
|
11. Berani berpendapat,
12. Jujur
13.
bertanggung
jawab
religious
|